Komputer Sebagai Alat Musik

FL Studio : Komputer sebagai alat musik

Musik adalah sebuah hasil dari proses pengolahan suara (komposising, arranging, producing, mixing, mastering, dsb) yang berasal dari 1 atau lebih alat musik. Beragam jenis musik ditentukan oleh alat musik yang dimainkan. Apakah itu tradisional, kontemporer, modern, klasik, atau etnik dimainkan dengan alat musik dengan teknik karakter tertentu. Perkembangan musik mengalami perubahan sesuai kemajuan akal, citarasa seni dan teknologi manusia seiring perubahan waktu. Hingga saat ini telah dikenal berbagai jenis atau aliran musik. Aliran musik biasanya di kategorikan dari jenis instrument musik yang dominan, misal Dangdut dengan suara kendang/gendang dan suling, rock dengan hentakan drum dan distorsi gitar, dsb.

Dengan perkembangan dunia komputer yang begitu luar biasa, sangat berpengaruh terhadap perkembangan dunia musik. Studio yang dahulu merupakan sebuah tempat atau ruangan khusus yang di buat dengan karakteristik tertentu dan terdapat peralatan yang mahal didalamnya untuk para musisi di berkarya, kini semua orang bisa memiliki sebuah studio virtual di dalam kamarnya dengan hanya sebuah PC.

Ya benar, dengan sebuah PC dan beberapa instrument tambahan anda bisa melakukan apa saja yang biasa dilakukan oleh seorang musisi (atau lebih). Atau bahkan bila anda ingin membuat band, anda tidak perlu siapapun !! Anggota band anda adalah anda sendiri…

Saat ini telah banyak software yang digunakan oleh para musisi baik professional maupun indie untuk membantu mereka dalam bermusik. Dengan bantuan software tersebut, para musisi dapat lebih mudah dan murah dalam berkreasi.

FL Studio adalah salah satu software pengolah audio digital berbasis sequencer, didesain untuk memproduksi musik atau lagu termasuk aransemen, komposisi dan mixing. Dengan fitur yang lengkap kita bisa mencipta musik atau lagu dari yang sederhana hingga yang lebih kompleks.

FL Studio merupakan sequencer berbasis pattern, artinya bahwa lagu/musik yang dibuat terdiri dari beberapa pattern atau pola yang kemudian kita susun atau aransemen menjadi sebuah lagu utuh. Tiap pattern terdiri dari satu alat musik/instrument atau lebih yang telah diatur nada (scoring) dan ketukannya (beat) dengan menggunakan piano roll dan step sequencer, lalu kita satukan di dalam playlist, yang juga dapat kita tambahkan audio track (.wav) seperti vocal misalnya. Setelah itu setiap tracknya bisa kita route ke mixer untuk menyeimbangkan output dan menambahkan efek. Hasil output tersebut dapat kita export menjadi .mp3, .wav atau MIDI.

Pada artikel-artikel selanjutnya akan dibahas mengenai bagaimana kita memulai menggunakan FL Studio, dengan berusaha memberikan penjelasan yang paling mudah dipahami serta beberapa contoh latihan sederhana. Jika Anda bukan musisi, tapi ingin membuat musik,berarti Anda telah menemukan blog yang tepat. Bila Anda seorang musisi yang lebih suka mengetik dan menggunakan mouse dari pada memainkan gitar (berarti anda memang tidak bisa bermain gitar !?) mari ikuti terus artikel saya selanjutnya.